KP3D Pertanyakan Lolosnya Partai-partai Baru di NTB

Ketua Komunitas Pemuda Peduli Pemilu dan Demokrasi (KP3D), Dian Sandi Utama
NTBOke - Ketua Komunitas Pemuda Peduli Pemilu dan Demokrasi (KP3D), Dian Sandi Utama mempertanyakan proses verifikasi partai politik oleh KPU yang telah berhasil meloloskan beberapa partai politik baru di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sementara parpol lain yang sudah lama mengakar dan memiliki kepengurusan serta Sekretariat jelas malah dinyatakan tidak lolos.

“Kami terusik dengan hasil verifikasi yang dilakukan KPU beberapa bulan lalu, sehingga menyebabkan beberapa partai politik menjadi tersingkir, sementara partai lama dinyatakan tidak memenuhi syarat,” kata Dian Sandi Utama kepada Lombokita.com di Praya Lombok Tengah, Rabu (21/2/2018).

Menurut Dian Sandi Utama (DSU), masyarakat penting mengetahui proses verifikasi yang telah dilakukan KPU, apakah dilaksanakan sesuai aturan dan prosedur yang berlaku atau tidak.

“Tidak lolosnya PBB dan PKPI dalam verifikasi itu tentu mengundang rasa ingin tahu masyarakat, sementara partai-partai baru yang belum jelas pengurus dan sekretariatnya dimana dinyatakan memenuhi syarat,” tandas DSU.

KPU Provinsi NTB telah menyatakan beberapa partai lolos verifikasi, dan dinyatakan sah mengikuti Pemilu 2019. Namun menurut DSU, lolosnya partai-partai baru tersebut justru menimbulkan kejanggalan dalam proses sehingga menimbulkan pertanyaan dan menjadi pembicaraan hangat di tengah-tengah masyarakat.

“Kami meminta KPU untuk memberikan penjelasan yang mendetail terkait hal ini, tunjukkan data-data parpol baru yang lulus verifikasi serta bukti telah dilakukannya verifikasi agar kejanggalan-kejanggalan yang kami rasakan itu bisa menjadi jelas,” kata Dian Sandi Utama yang juga sebagai Ketua Pemuda Muslim NTB di Jakarta ini.

Penjelasan KPU atas persoalan tersebut, menurut Dian Sandi, sangat penting agar menghilangkan persepsi masyarakat bahwa verifikasi partai politik oleh KPU benar-benar telah dilakukan sesuai aturan yang berlaku serta tidak terkesan “bermain mata” dengan partai-partai baru yang lolos verifikasi tersebut.

Sumber : Lombokita

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel