KLU Bakal Terbitkan Kartu Tani

NTBOke - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lombok Utara (KLU) tahun 2018 ini akan menerbitkan Kartu Tani (KT). Terobosan ini di buat agar para petani yang tidak terdaftar dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) dan ikut dalam kelompok tani juga dapat membeli dan menikmati pupuk bersubsidi dari pemerintah.

“Kalau sekarang yang dapat beli pupuk bersubsidi yang ada di RDKK dan memiliki kelompok tani,” ungkap Kepala Dinas DKPP KLU Melta.

Informasi yang di himpun, berdasarkan data dari dinas, jumlah kuota pupuk untuk Lombok Utara pada 2018 menurut jenis yang sering digunakan masyarakat yakni Urea sebanyak 4.876,82 ton, ZA sebanyak 649,64 ton, SP-36 sebanyak 479,78 ton, NPK sebanyak 1.862,54 ton, dan organik sebanyak 666,19 ton.

Sementara, menyoal tentang usulan pupuk bersubsidi untuk kabupaten yang bermotto Tiuq Tata Tunaq itu rupanya masih belum bisa direalisasikan seluruhnya, sebab kuota pupuk untuk Lombok Utara dapat dipastikan akan lebih rendah dari usulan.

“Pupuk bersubsidi ini akan disalurkan secara bertahap kepada petani sesuai RDKK, Kuota kita lebih rendah dari RDKK yang sudah diajukan,” terangnya.

Lebih lanjut Melta menuturkan, untuk saat ini pihaknya tidak menampik adanya kendala-kendala yang di hadapai salah satunya seperti belum di terbitkannya SK pendistribusian, meski begitu pihaknya akan tetap intens melakukan pengawasan, baik dari segi harga maupun ketersedian pupuk apalagi baru-baru ini Bupati juga sudah mendatangkan tim dari KP3.

“Tim KP3 ini juga akan menyebar nanti,” pungkasnya.

Sumber : Kanal NTB
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel