Malam Anugerah Duta Genre 2018

NTBOke - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) menggelar Malam Penganugerahan Duta Generasi Berencana (Genre) tahun 2018 di Gedung Serbaguna Desa Nijang Kecamatan Unter Iwes, dihadiri Bupati Sumbawa yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Sumbawa, Camat, Kepala Desa dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Sumbawa Drs. H. Ibrahim Patawari menyatakan generasi muda saat ini diharapkan kelak menjadi generasi yang membanggakan karena generasi muda merupakan pilar utama harapan bangsa masa depan. Generasi mudalah yang akan menggantikan estafet kepemimpinan di daerah maupun di tingkat nasional.

Di era yang dikenal dengan istilah bonus demografi, adalah suasana ketika usia penduduk diangkatan kerja menjadi porsi terbesar dari jumlah penduduk, yang diharapkan mampu menanggung beban hidup keluarga, hal ini terjadi ketika generasi muda sudah mempersiapkan diri sejak dini. Banyak persoalan yang menghantui dan menghadang kemajuan generasi muda, seperti narkoba, sex bebas, minuman keras dan kenakalan remaja.

“Apa yang kita lakukan malam ini adalah salah satu upaya untuk mengeliminasi dan menghilangkan sedikit demi sedikit pengaruh jelek yang merusak generasi kita, dan sebagai upaya menyiapkan diri untuk menjadi pemimpin dimasa depan” ujarnya.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan Ir. A. Yani menyatakan remaja saat ini merupakan generasi milenial yang hidup dalam alam keterbukaan berekspresi. Kondisi itu memungkinkan munculnya beragam persoalan di kalangan remaja, terutama dengan adanya pengaruh negatif. Demikian pula seiring dengan kemudahan dan kebebasan informasi, terjadi perubahan besar terhadap perilaku remaja yang bisa dikatakan memprihatinkan. Sehingga dengan adanya kegiatan pemilihan Duta Genre akan sangat membantu dalam membangun kesadaran  para remaja untuk bertindak sesuai norma dan etika yang ada. Dengan mengajak remaja menjadi generasi berencana, diharapkan akan mampu menjadi remaja yang tangguh dan siap menghadapi masa depan dengan terencana.

Melalui program Genre, remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja. Masa transisi dimaksud dibagi ke dalam lima transisi kehidupan (five life transitions), yaitu: melanjutkan sekolah (continue learning); mencari pekerjaan (start working); memulai kehidupan berkeluarga (form families); menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship); dan mempratikkan hidup sehat (practice healthy life).

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah pendampingan orangtua maupun guru agar nilai-nilai dalam program Genre dapat diaplikasikan sekaligus memberikan banyak motivasi yang pada akhirnya para siswa lebih antusias untuk ikut membangun masyarakat, dan mengajak para siswa lainnya untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Sebab generasi muda merupakan pelopor perubahan dan menjadi garda terdepan bagi kejayaan bangsa.

“Saya berharap melalui kegiatan ini akan muncul remaja-remaja kita yang tangguh yang dapat menjadi contoh dan mampu memotivasi remaja lainnya menjadi generasi berencana, remaja yang mampu merencanakan masa depannya dengan baik” ujarnya.

Demikian siaran pers Bagian Humas dan Protokol Setda Kab. Sumbawa kami sampaikan dan terima kasih atas kerjasama yang baik.

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel