Panwaslu Ajak Kaling se Kota Mataram Aktif Melakukan Pengawasan Partisipatif

NTBOke - Kepala Lingkungan (Kaling) di ajak untuk ikut berperan serta dan aktif dalam melakukan pengawasan partisipatif pada pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubermur (Pilgub) NTB 2018.

Dalam kehidupan bermasyarakat, Kaling selalu bersentuhan dengan masyarakat. Karena itu para Kaling di harapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan cara berdemokrasi yang baik. 

Karena itu para Kaling se Kota Mataram di berikan pemahamanan terkait cara melakukan pengawasan pemilu dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Mataram. 

Menurut anggota Pamwaslu Kota Mataram, Dewi Asmawardhani, diperlukan upaya pro aktif untuk menumbuhkan kesadaran dan kemauan masyarakat agar ikut serta mengawasi pelaksanaan pemilukada. 

"Karena itu kami berharap kepada kepala lingkungan untuk ikut serta mengawasi," kata Dewi kepada wartawan di Mataram, Kamis kemarin. 

Peran serta Kaling sangat di harapkan kata Dewi, karena seperti di ketahui kepala lingkungan bersentuhan langsung dengan masyarakat di wilayahnya masing-masing. 

Pada kesempatan tersebut juga, para peserta sosialisasi dari partai politik, mahasiswa, kepala lingkungan diingatkan agar bisa menyampaikan kepada warga yang lainnya, untuk menghindari dan jangan coba-coba untuk melakukan money politik karena saat ini pidananya sudah jelas. 

"Baik yang memberi ataupun yang menerima bisa dikenakan sanksi pidana. 

Hal senada juga disampaikan Ketua Panwaslu Kota Mataram Ruslan. Dalam melaksanakan tugas pengawasan Panwaslu memerlukan bantuan dari pihak lain. 

"Mari kita melakukan pengawasan bersama-sama, kalau ada indikasi silahkan laporkan kepada kami," ucapnya. 

Sementara itu, komisioner Pamwaslu lainnya, Hasan Basri mengatakan bahwa tujuan dari pengawasan adalah untuk menjadikan pemilu yang berintegritas, mencegah terjadinya konflik, memdorong tingginta partisipasi publik, meningkatkan kualitas demokrasi, membentuk karakter dan kesadaran politik masyarakat. 

Sumber : Mataramnews
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel