Ratusan Rumah Warga Rusak Akibat Banjir di Dompu NTB

NTBOke - Kecamatan Dompu dan Kecamatan Woja di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dilanda banjir pada Senin (5/3). Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB Muhammad Rum menyampaikan banjir bermula pada sekitar pukul 16.45 Wita.

Rum menyebutkan, terdapat 50 rumah yang rusak di Desa Kareke, 500 rumah rusak di Kelurahan Potu, 20 rumah rusak di Karijawa, 150 rumah rusak di Simpasai, 300 rumah rusak di Kandai Dua, dan 100 rumah rusak di Wawonduru. "Keterangan sementara dari Lurah Potu, Firmansyah menyampaikan kerugian sekitar Rp 600 juta. Sementara kerugian material di Wilayah lainnya belum dapat diperkirakan. Sedangkan korban jiwa nihil," kata Rum.

Rum menilai, intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan meluapnya air di aliran sungai menuju permukiman warga.

"Akibat tingginya curah hujan di bagian utara Kecamatan Dompu sehingga naiknya luapan sungai Rabalaju yang tidak mampu menampung ketinggian debit air melalui tanggul pesisir bantaran," ujar Rum di Mataram, NTB, Senin (5/3).

Pada pukul 16.50 Wita, kata Rum, warga yang tinggal di sekitar sungai Rabalaju terkena dampak banjir sehingga mengevakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan. Sepuluh menit berselang, anggota BPBD Dompu, anggota Kodim 1614/Dompu, Polres Dompu, Subden III Den A Brimobda Dompu, Sat Pol PP Dompu serta pemerintah kabupaten Dompu tiba di lokasi dan melakukan evakuasi.

Berdasarkan data BPBD NTB, wilayah yang terdampak banjir, meliputi Dusun Kareke, Desa Karake, Lingkungan Parapimpi, Magenda, Potu, dan Sori Wono di Kelurahan Potu; serta Lingkungan Kampo Rato dan Karijawa di Kelurahan Karijawa. Wilayah ini berada di Kecamatan Dompu.

Dampak banjir juga dirasakan warga Lingkungan Dore, Kelurahan Simpasai; Lingkungan Kandai Timur, Kandai Dua Barat, Kelurahan Kandai Dua; Dusun Ratobaka dan Dusun Wawonduru di Desa Wawonduru, yang masuk dalam wilayah Kecamatan Woja.

Rum mengatakan, tim BPBD NTB malam ini sudah bergerak ke lokasi untuk melakukan pendampingan dan penyaluran bantuan logistik. Sementara pantauan tim BPBD NTB di lapangan pada pukul 19.18 Wita, banjir mulai surut.

Sumber : Republika Online
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel