Turunkan Angka Kemiskinan, Disperindag Lobar Berdayakan Potensi Lokal

NTBOke - Pemerintah Daerah Lombok Barat (Lobar) targetkan penurunan angka kemiskinan melalui program IKAHH yang dicanangkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian dengan menggali potensi lokal diseluruh kecamatan Lobar. Program tersebut di klaim mampu mengangkat dan mensejahterakan masyarakat. Dan menurunkan angka kemiskinan. 

Kepala Bidang Industri Komoditi Agro dan Hasil Hutan (IKAHH) H. Amarudin mengatakan, sasaran program kegiatan kita adalah dengan menargetkan sebanyak banyak potensi lokal yang dimiliki masyarakat miskin terhadap semua Kecamatan yang ada. Setiap kecamatan akan dilakukan pembekalan sumber daya manusia dan diberikan pelatihan dan pembinaan.

Berdasarkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat, pemerintah berupaya memberdayakan dengan menyuguhkan roadshow dan diberikan pelatihan dan pembinaan dengan mendatangkan tenaga pendamping. Dalam setiap roadshow yang dilaksanakan tersebut yaitu, memberikan pemahaman tentang pola pengelolaan yang sesuai dengan potensi yang dimiliki setiap peserta dimasing-masing masing kecamatan yang ada.

"Kami undang roadshow yakni bertujuan untuk mengasah sumber daya manusia tentang pengelolaan berdasarkan potensi yang dimiliki setiap orang," katanya.

Kalau memang ada masyarakat yang memiliki bakat potensial, kemudian tercatat sebagai warga miskin, tentu akan kita bina dan dilatih untuk diberdayakan.

"Sekarang ini kami sedang memulai pendataan disetiap kecamatan terkait bakat potensial yang dimiliki oleh masyarakat, terutama masyarakat yang miskin untuk diundang roadshow dan selanjutnya akan dilatih," terangnya.

Satu kecamatan semuanya akan dihimpun sekitar seratus sampai dua ratus orang. Namun akan didata dulu sesuai keahlian yang dimiliki oleh mereka. Selanjutnya kita undang menghadiri roadshow. Selain itu Disperindag akan memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap mereka.

"Untuk pelatihan nanti, semuanya sudah disiapkan rumah khusus.Bayangkan setiap kecamatan akan diberdayakan sebanyak seratus hingga dua ratusan orang, jika dikali sepuluh kecamatan, berapa banyak nilai UKM yang bermunculan," ucapnya.

Insya Allah kata ucap Marudin, dengan program ini akan mampu mengurangi angka kemiskinan yang ada di Lobar. Kita akan melakukan pelatihan dan pembinaan dari hulu sampai hilir, namun tetap diutamakan warga miskin supaya sasaran program ini memang benar benar mampu mengurangi dan mengentaskan kemiskinan. 

Program pemerintah itu menyuguhkan dan meningkatkan ketrampilan yang dimiliki oleh masyarakat seperti kualitas pembuatan Gerabah, peningkatan kualitas Bata, dan peningkatan lainnya.

Amarudin menegaskan, program ini memiliki kelebihan karena Disperindag akan memberikan materi secara menyeluruh dari kegiatan Raid Show, pelatihan, pembinaan serta pendampingan. Baru ini kita sudah menggelar roadshow dan pelatihan di Desa Banyu Mulek, dan besok akan dilakukan hal yang sama di Desa Lingsar, pungkasnya. 

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel