KPU NTB Sosialisasikan Dapil dan Alokasi Kursi

KPU NTB Sosialisasikan Dapil dan Alokasi Kursi
NTBOke - Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Barat (KPU NTB) menggelar sosialisasi Keputusan KPU RI Nomor 281/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang penetapan daerah pemilihan dan alokasi kursi angggota DPRD kabupaten kota dan provinsi di wilayah NTB pada pemilihan umum 2019.

Sesuai keputusan KPU RI, untuk DPRD Provinsi NTB ada sebanyak 65 kursi dengan sebaran delapan 8 daerah pemilihan (Dapil). 

Sedangkan untuk DPRD Kabupaten Kota, mulai dari Kabupaten Lombok Barat sebanyak 45 kursi dari 5 Dapil. Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 50 kursi dari 6 Dapil. Kabupaten Lombok Timur sebanyak 50 kursi dari 5 Dapil. Kabupaten Lombok Utara sebanyak 30 kursi dari 3 Dapil. Dan untuk Kota Mataram ada sebanyak 40 kursi dari 6 Dapil. 

Sementara itu untuk Kabupaten Sumbawa sebanyak 45 kursi dari 5 Dapil. Kabupaten Dompu sebanyak 30 kursi dari 4 Dapil. Kabupaten Bima sebanyak 45 kursi dari 6 Dapil. Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 25 kursi dari 3 Dapil. Dan Kota Bima sebanyak 25 Kursi dari 3 Dapil. 

Dalam kesempatan tersebut, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Barat (KPU NTB), Suhardi Soud menegaskan bahwa dalam penyusunan daftar calon legislatif (caleg), partai politik harus memperhatikan keterwakilan caleg perempuan. 

"Keterwakilan perempuan itu minimal 30 persen. Jadi dari tiga nama calon harus ada salah satunya perempuan," ujar Suhardi Soud di Mataram pada Sabtu (19/5/2018). 

Penulis : Dee
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel