Kick Off, Liga Sepak Bola Pelajar Piala Bupati 2018

NTBOke - Olahraga memiliki arti penting bagi upaya mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Dalam setiap kegiatan olahraga yang bersifat lomba atau kompetisi, terdapat dua hal yang sangat menonjol, yaitu semangat juang dan nilai-nilai sportifitas. Disamping itu, olahraga diyakini mampu membangun nilai-nilai positif lainnya seperti kreatif, disiplin, tanggung jawab, proaktif, kritis, dan kompetitif dalam membangun karakter bangsa. Olahraga juga dapat membentuk kepribadian manusia seutuhnya. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Sumbawa, yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kab. Sumbawa, H. Burhan, SH., MH. pada pembukaan Liga Sepak Bola Pelajar U-14 dan U-16 Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2018, yang memperebutkan Piala Tetap Bupati Sumbawa, di Stadion Pragas Sumbawa Besar, Senin sore (23/7/2018). 

Dijelaskan, keberadaan Liga Sepak Bola Pelajar sangat penting dan patut dikembangkan oleh semua pihak. Kedepannya diharapkan mampu berkiprah tidak hanya di tingkat lokal dan regional, tetapi juga di tingkat nasional bahkan internasional. Bupati berharap kejuaraan sepak bola pelajar U-14 dan U-16, akan mampu menyajikan permainan menarik, indah ditonton dan dinikmati oleh kalangan pencinta sepak bola. Karena setiap kesebelasan yang berlaga memiliki pola permainan yang beragam.

Lebih jauh dijelaskan, dari hasil kejuaraan tersebut dapat terpilih pemain-pemain terbaik yang berbakat, handal, berprestasi dan profesional di bawah pembinaan PSSI Kabupaten Sumbawa. Kepada PSSI Kabupaten Sumbawa, Bupati berharap agar dapat memantau, meneliti, dan mencatat pemain-pemain terbaik dan berbakat pada setiap kejuaraan. Dengan demikian, PSSI nantinya akan memiliki data pemain terbaik dan berbakat yang ada di Kabupaten Sumbawa, sehingga dapat dibina untuk menjadi kontingen sepak bola yang berkualitas di masa akan datang.

Diakhir sambutannya, Bupati berpesan “Menang dan kalah adalah hal yang biasa dalam sebuah pertandingan, namun yang penting bahwa kemenangan sejati hanya dimiliki oleh orang-orang yang berjuang, tidak hanya mengandalkan otot dan strategi, tetapi juga mereka yang menjunjung tinggi sportifitas dan fair play. Berkomitmen dalam mentaati aturan dan ketentuan yang berlaku dalam pertandingan”.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Ir. H. Junaidi, M.Si. dalam laporannya menyatakan, Liga Sepak Bola Pelajar (LSP) tahun 2018, merupakan kegiatan pertandingan tahun kedua untuk Kabupaten Sumbawa, yang sebelumnya bernama Liga Pendidikan Indonesia (LPI). 

Adapun peserta dari LSP tersebut, berasal dari club-club yang ada di sekolah-sekolah tingkat SMP/MTs/SMA/MA/SMK atau club sepakbola yang memenuhi syarat. LSP tahun 2018 diikuti oleh 13 club U-14 dan 13 club U-16 se-Kabupaten Sumbawa. Kompetisi akan berlangsung dari tanggal 23 Juli s.d. 7 Agustus 2018, bertempat di stadion Pragas dan Stadion Cendrawasih Sumbawa Besar.

Masih dalam laporannya, Ir. Junaidi memaparkan bahwa club atau tim yang berhasil menjadi Juara I LSP U-14 dan U16, berhak mendapatkan Piala Tetap Bupati Sumbawa, Imbal Prestasi berupa Uang, Medali dan Piagam, serta menjadi perwakilan Kab. Sumbawa yang akan berkompetisi di tingkat Propinsi. 

Turut hadir pada acara pembukaan tersebut, Anggota Forkopimda Kab. Sumbawa, Ketua PSSI Sumbawa, Ketua KONI Sumbawa, para Kepala Sekolah serta jajaran Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Sumbawa. 

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel