Warga Bima-Dompu Gelar Festival Rimpu di Monas

NTBOke - Sebagai upaya memperkenalkan kebudayaan NTB kepada masyarakat Indonesia dan juga mancanegara, Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Bima dan Dompu menggelar Festival Rimpu tingkat nasional di kawasan Monas Jakarta, Minggu (15/7/2018). 

Kegiatan ini menyatu dengan parade budaya SASAMBO yang digelar di lokasi yang sama, sebagai rangkaian kegiatan Launching Sail Moyo Tambora 2018, yang juga merupakan event promosi budaya dan pariwisata NTB. 

Sejumlah diplomat Negara tetangga dan pejabat Provinsi NTB serta pejabat Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB juga turut hadir pada kegiatan yang digelar bertepatan dengan car free day warga Jakarta ini.

Berbagai atraksi budaya SASAMBO ditampilkan untuk menyemarakkan kegiatan yang dihajatkan sebagai ajang promosi kebudayaan dan pariwisata  NTB tersebut. Khusus untuk Festival Rimpu, terdapat satu ciri khas unik khususnya bagi peserta wanita, yang mana mereka mengenakan Rimpu atau sarung tenun khas Mbojo.

Dalam adat istiadat Masyarakat Mbojo, ada dua jenis Rimpu yang biasa dikenakan, yaitu Rimpu Mpida dan Rimpu Colo. Rimpu Mpida biasanya dikenakan oleh perempuan yang belum menikah, cara pemakaiannya dengan menutup semua bagian wajah terkecuali mata. Adapun Rimpu Colo, biasa digunakan oleh perempuan yang sudah menikah dengan membuka seluruh bagian wajah.

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel