IMM Gelar Muktamar, Ini Pesan Haedar Nashir

IMM Gelar Muktamar, Ini Pesan Haedar Nashir
NTBOke - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir berpesan ada lima keunggulan yang harus dibangun Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dalam menciptakan serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal itu ditegaskan Haedar Nashir ketika membuka Muktamar XVIII IMM yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang,  Jawa Timur pada Rabu (1/8/2018).

Acara yang mengusung tema Meneguhkan Pancasila sebagai Sukma Bangsa untuk Indonesia Sejahtera itu juga dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy.

Haedar mengatakan bahwa muktamar ini merupakan permusyawaratan tertinggi yang tempatnya sangat strategis dan memiliki pondasi konstitusi yang kuat. 

"Karena itu, kami berharap terselenggaranya muktamar ini mampu menciptakan keputusan-kuputusan terbaik yang membawa pada pencerahan IMM bagi umat dan bangsa Indonesia," katanya.

Tak hanya itu, Haedar juga berpesan bahwa muktamar ini jadikan momentum untuk bermusyawarah dengan hati yang tulus, pikiran yang jernih dan semangat membangun persaudaraan. 

"Jadi ada lima keunggulan yang harus dibangun oleh IMM dalam membangun bangsa Indonesia yang damai dan sejahtera," ujarnya.

Pertama harus membangun keunggulan idealisme. Artinya sebesar apapun IMM, kalau idealismenya rapuh, maka IMM akan punah dalam idealismenya.

"Anda boleh berdebat sekencang apa pun tentang IMM. Tapi kalau idealismenya keropos, idealismenya akan punah. Jangan sampai ini terjadi," tegasnya.

Kedua yang harus diperkuat adalah penguatan keunggulan organisasi. Apapun IMM itu bukan paguyuban tapi organisasi modern. 

Ketiga, memperkuat personal karena IMM memiliki trilogi kompetensi yang kuat, yaitu religiusitas, intelektualitas, dan humanitas.

“Trilogi ini jangan hanya sekadar dihapal, tapi harus diterapkan,” katanya.

Keempat yaitu memperkuat sinergitas bersama masyarakat. Lalu yang kelima memperkuat peran dalam gerak sosial kemasyarakatan.

Penulis : Wan
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel