PUPR Dampingi Pembangunan Rumah Model Risha Bagi Korban Gempa

NTBOke - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera melakukan pemulihan rumah yang rusak akibat gempa bumi di Lombok, NTB.

Cluster Perumahan Kementerian PUPR, Ir. Burela mengatakan bahwa Kementerian PUPR telah menyiapkan konsep bangunan bernama Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) bagi warga terdampak gempa.

Konsep Risha diakui Burela sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Lombok, NTB. Karena berdasarkan penelitian Balitbang, Risha terbukti tahan terhadap goncangan gempa.

"Pak Menteri PUPR menginstruksikan agar kami mendampingi masyarakat (korban gempa) untuk membangun rumahnya kembali, pembangunan harus rumah yang tahan gempa. Makanya muncul yang namanya Risha. Konsep Risha telah teruji," ujar Ir. Burela.

Pembangunan Risha dilakukan melalui program Rehabilitasi dan Rekonstruksi Masyarakat dan Permukiman Berbasis Komunitas (Rekompak). Djadwalkan 40 ribu unit Risha bakal di bangun dalam kurun 6 bulan mendatang.

"40 ribu unit, Insya Allah awal September ini kita bergerak dalam pembangunan, sekarang sudah massif sosialisasi ke lapangan, itu melalui Rekompak," tegasnya.

Penulis : Dee
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel