6 Langkah Sederhana untuk Meningkatkan Ketajaman Otak

NTBOke - Otak adalah salah satu organ penting di tubuh yang mempunyai peran untuk mengatur gerakan, pikiran dan sensasi. Tidak hanya itu, otak juga berfungsi sebagai “lemari penyimpan data” yang merekam semua aktivitas sepanjang hidup.

Melihat  begitu pentingnya kondisi otak bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi otak tetap optimal.

1. Mempelajari sesuatu yang baru
Sebuah penelitian mengungkapkan, mempelajari suatu hal yang baru dapat merangsang pertumbuhan sel di otak, mengembangkan “plastisitas” neurologis dan mencegah kehilangan sel otak di masa depan. Anda bisa mencoba bermain video game atau teka-teki silang untuk meningkatkan kemampuan analisis dan konsentrasi.

Selain itu, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah membaca. Dengan membaca maka kemampuan otak untuk berkonsentrasi dan menganalisis akan meningkat. Membaca juga membuat Anda memiliki banyak perspektif  dan kosa kata baru, yang semuanya mendorong kesehatan otak Anda. Hindari melakukan rutinitas yang sama dalam jangka waktu yang lama dan cobalah untuk melakukan sesuatu yang berbeda setiap harinya.

2. Olahraga dengan teratur
Aktivitas olahraga dapat meningkatkan jumlah oksigen ke otak. Saat jumlah oksigen ke otak mengalami peningkatan, hal ini otomatis akan meningkatkan kemampuan otak untuk merespon, mengingat dan penalaran. Tidak hanya itu, olahraga juga memicu otak untuk melepaskan lebih banyak endorfin ke dalam tubuh. Endorfin memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang

Bahkan, sebuah penelitian juga mengungkapkan, bahwa ada hubungan yang kuat antara latihan fisik dan kesehatan mental yang lebih baik. The National Physical Activity Guidelines merekomendasikan agar orang dewasa berolahraga minimal 30 menit setip hari. Untuk hasil terbaik, Anda bisa menggabungkan dengan latihan aerobik, latihan ketahanan, latihan angkat beban, dan latihan fleksibilitas.

3. Perhatikan pola diet
Melakukan diet rendah lemak dan kolesterol dibarengi dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan telah dikaitkan dengan kesehatan otak yang lebih baik. Untuk diketahui, vitamin B adalah vitamin yang baik untuk memperkuat fungsi otak. Vitamin B dapat ditemukan dalam biji-bijian, sayuran berdaun dan produk olahan susu.

Seperti halnya kesehatan fisik yang baik, diet sehat juga dapat meningkatkan kesehatan otak yang lebih baik. Pada akhirnya, pola diet yang sehat akan mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti jantung atau diabetes yang dapat memengaruhi kesehatan otak.

4. Menemukan hobi baru
Jika Anda melakukan sebuah kebiasaan yang jarang Anda lakukan, hal itu bisa mendorong ingatan dan kualitas intelektual menjadi lebih baik. Menemukan hobi baru juga baik untuk kehidupan sosial karena hal ini dapat membantu Anda tetap aktif secara sosial. Banyak aktivitas yang bisa Anda jadikan hobi diantararanya: berenang, bersepeda, bermain golf, menjahit, membuat seni kerajinan atau berlatih yoga.

5. Berlatih bahasa asing atau bermain alat musik
Belajar bahasa asing atau alat musik dapat membantu mengembangkan jalur saraf baru pada otak. Agar ketajaman otak dapat meningkat, pilih alat musik yang sama sekali Anda tidak kenal atau bahasa yang berbeda dari bahasa ibu. Musik dan bahasa dapat membantu meningkatkan ingatan dan fokus Anda.

6. Meluangkan waktu untuk rileks
Luangkan waktu untuk bersantai setiap hari, bahkan jika itu hanya 20 menit setiap harinya. Terlalu banyak hormon stres seperti kortisol bisa berbahaya bagi kesehatan otak. Jika Anda merasa sulit untuk rilek, gunakan teknik khusus seperti meditasi. Untuk diketahui, mereka yang memiliki perasaan cemas, kurang tidur dan kelelahan, cenderung memiliki hasil yang buruk pada tes fungsi kognitif.

Seperti diketahui, terdapat banyak gangguan dan penyakit bisa berefek buruk bagi kesehatan otak sekaligus memengaruhi kemampuan otak. Nah, beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas dapat Anda praktikan untuk meningkatkan ketajaman otak.

Sumber : DokterSehat
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel