Ini 10 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan

Ini Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan
NTBOke - Tak hanya memiliki rasa yang manis, buah sawo ternyata memiliki beragam nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. 

Di dalam sawo, Anda bisa menemukan protein nabati, lemak sehat, kalsium, karbohidrat, fosfor, hingga berbagai vitamin layaknya vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin E. Tak hanya itu, sawo juga kaya akan kandungan serat.

Berikut adalah berbagai manfaat sawo bagi kesehatan tubuh.

Mencegah anemia
Manfaat buah sawo yang pertama adalah kemampuannya mencegah anemia. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sawo ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.

Adanya kandungan zat besi ini tentu akan membantu tubuh memproduksi sel darah merah dengan baik sehingga akan mencegah terjadinya anemia. Sedangkan, bagi wanita yang lebih berisiko terkena masalah anemia saat haid, ada baiknya memperbanyak konsumsi buah ini menjelang atau sesudah fase menstruasi.

Menjaga kecantikan kulit
Tingginya kandungan vitamin C pada sawo ternyata bisa membantu tubuh untuk mengusir radikal bebas. Tak hanya itu, manfaat sawo juga kaya antioksidan bernama polifenol yang bersifat anti peradangan, antiparasit, antivirus, serta antibakteri. Anda pun akan lebih baik dalam mencegah keriput dini sekaligus membuat kulit tetap awet muda.

Menjaga kesehatan mata
Manfaat sawo lainnya adalah berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Tingginya kandungan vitamin A pada sawo membuat tubuh lebih baik dalam menjaga kesehatan mata.

Mengatasi wasir dan gangguan pencernaan lainnya
Mereka yang memiliki masalah wasir ada baiknya rutin mengonsumsi sawo, mengingat manfaat buah sawo yang kaya akan kandungan serat dan tanin yang bisa mengatasi peradangan dan infeksi karena wasir. Tak hanya itu, konsumsi sawo ternyata bisa mencegah masalah sembelit, kanker usus besar, sekaligus membuat pencernaan menjadi lebih sehat.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Khasiat buah sawo lainnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi dalam sawo ternyata bisa membuat tulang dan gigi menjadi lebih sehat dan kuat.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Buah sawo mengandung sumber sukrosa dan fruktosa alami yang bisa memberi energi untuk tubuh. Kemudian efeknya bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Menjaga kesehatan ginjal
Mengonsumsi buah sawo bisa membuat ginjal menjadi lebih bersih. Manfaat buah sawo didapatkan karena senyawa kimia yang akan membuat racun dengan cara meningkatkan volume air seni. Proses ini membuat tubuh menjadi lebih bersih dan sehat.

Mengatasi nyeri otot
Saat otot tubuh Anda bekerja ekstra dampak yang bisa terjadi adalah munculnya nyeri otot pada kaki, tangan, punggung dan pinggang. Manfaat buah sawo berguna karena mengandung bahan alami yang akan mengurangi infeksi akibat bakteri dan virus. Bahan inilah yang penting untuk mencegah otot tubuh menjadi lebih mudah sakit dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

Mengatasi stres
Buah sawo dipercaya mampu menghilangkan stres. Hal ini diakibatkan oleh kandungan obat penenang alami yang membantu tubuh dan sistem saraf menjadi rileks. Khasiat buah sawo lanjutannya adalah membantu mengatasi insomnia dan serangan panik.

Mengatasi sariawan
Manfaat buah sawo yang terakhir adalah kemampuannya mengatasi radang mulut dan sariwan. Dengan kandungan vitamin A dan C yang tinggi, buah ini mampu menjaga tubuh dari berbagai macam radikal bebas. Pada akhirnya, tubuh akan lebih kuat dan kebal terhadap serangan penyakit.

Sumber : Doktersehat
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel