Pagelaran Seni dan Budaya Samawa Berlangsung Meriah

NTBOke - Pagelaran Seni dan Budaya Samawa dalam rangka menyemarakkan Sail Moyo Tambora berlangsung meriah pada Sabtu malam (8/9) di Lapangan Pahlawan Sumbawa Besar. 

Menggelar tema Sail Moyo Tambora 2018 sebagai Sarana Promosi Industri Pariwisata dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan kegiatan dialog publik melalui pertunjukan rakyat yang menampilkan pagelaran seni dan budaya Samawa berupa tarian, kesenian sakeco, ngumang, rabalas lawas, yang dibawakan langsung oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Uma Beringin Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes,  dan pertunjukan musik oleh Doro Elektone yang menghadirkan Rosi D Akademy dan Ayu KDI. 

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Komunikasi Informastika dan Statistik Kab. Sumbawa, Deputi SDM Iptek dan Budaya Maritim Kemkominfo RI, Kepala Sub Direktorat Informasi dan Komunikasi Publik dan Pemerintahan Kemkominfo RI, Waka Polres Sumbawa, Camat Unter Iwes, para Kepala Desa, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Sumbawa, Toga Toma Kab. Sumbawa, serta para pelajar. 

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kab. Sumbawa Ir. H. Ibrahim, M.Si menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan pagelaran seni dan budaya samawa sebagai salah satu ikhtiar bersama dalam menggairahkan generasi muda untuk berkesenian dan berbudaya, mengasah daya cipta, rasa dan karsa, melestarikan budaya dan tradisi daerah di tengah derasnya arus globalisasi sekaligus menggeliatkan sektor pariwisata berbasis seni dan budaya di Kabupaten Sumbawa. 

Disampaikan pula ketika kesenian dan budaya Samawa dapat berkembang pesat, tentunya juga akan mengangkat derajat kehidupan para seniman/budayawan, mengangkat reputasi daerah, serta menarik minat kunjungan wisatawan dan investor, karena sektor pariwisata merupakan sektor unggulan yang dapat diandalkan sebagai salah satu pilar pembangunan jangka panjang, karena sektor kepariwisataan mampu menggerakkan ekonomi serta memberikan kontribusi besar dalam pembangunan serta percepatan pertumbuhan ekonomi secara nasional. 

Hal tersebut pada akhirnya akan berdampak positif, bukan hanya bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tetapi juga peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas. 

Bupati berharap penyelenggaraan kegiatan ini bisa benar-benar menjadi milik masyarakat, sehingga timbul kecintaan terhadap seni dan budaya samawa, sehingga seluruh komponen masyarakat Sumbawa bisa semakin peduli terhadap tata nilai dan adat-istiadat Samawa, karena kultur atau budaya masyarakat dalam segala segi harus terus dilestarikan, sehingga semangat saling beri (saling menyayangi), saling pendi (saling mengasihi), saling sakiki (saling membantu), saling satingi (saling menghormati), ke saling satotang (saling menasehati), serta semangat kebersamaan dan kegotongroyongan dapat tertanam kuat dalam sanubari masyarakat Tana’ Samawa. 

Sementara itu Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI melalui Kepala Sub Direktorat Informasi dan Komunikasi Publik dan Pemerintahan Hipolitus Layanan menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa, untuk senantiasa menanamkan dan mengedepankan semangat kebersamaan, nasionalisme, dan gotong royong dalam menghadapi dan mensukseskan pesta demokrasi 2019.

Masyarakat juga dihimbau agar mampu menjaga kebersihan lingkungan baik lingkungan tempat tinggal, maupun sungai dengan baik, sehingga kesehatan lingkungan dapat tercipta, dan tujuan terciptanya kesehatan secara menyeluruh dapat dirasakan oleh semua pihak, yang nantinya manfaat dari kesehatan lingkungan juga dapat menguntungkan segenap masyarakat. 

Dalam acara tersebut juga diberikan bantuan kepada 20 orang anak yatim dan Dhuafa serta pembagian door price berupa pernak-pernik Asian Games. 

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel