Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1440, Pemkot Mataram Gelar Sholat dan Doa Bersama

NTBOke - Pergantian tahun 1439 H menuju tahun 1440 H yang jatuh pada hari Senin {10/9/2018} diperingati oleh Pemerintah Kota Mataram dengan menggelar doa akhir dan awal tahun secara berjamaah di Halaman Kantor Walikota Mataram. 

Acara tersebut dihadiri lengkap oleh segenap jajaran Pemerintah Kota Mataram, Tuan Guru, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah {Forkopimda}, karyawan-karyawati muslim lingkup Kota Mataram. 

Tahun ini Peringatan Tahun Baru islam 1 Muharram 1440 Hijriyah mengambil tema Dengan Momentum Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah Kita Bangkit Kembali Menata Kehidupan Yang Lebih Baik Menuju Kota Mataram Yang Maju Religius Dan Berbudaya. 

Menjelang dikumandangkan adzan magrib, dibacakan doa akhir tahun yang dipimpin oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia {MUI} Kota Mataram TGH. Abdul Manan,LC yang diikuti oleh seluruh jamaah yang hadir, untuk kemudian bersama-sama melaksanakan sholat magrib dengan imam Ustazd H. Husnul Hadi,S.Pd.I, dilanjutkan dengan pembacaan doa awal tahun yang dipimpin juga oleh Ketua MUI Kota Mataram. Baru pembacaan Surat yasin bersama-sama yang dipimpin oleh Ustazd H. Ahmad Sudiharji. 

Pada kesempatan tersebut Walikota Mataram H. Ahyar Abduh dalam sambutannya mengucapkan selamat Tahun Baru 1440 Hijriyah kepada masyarakat Kota Mataram. 

Selain itu Ahyar Abduh juga menjelaskan bahwa perayaan tahun baru Islam itu tidak identik dengan perayaan yang penuh semarak, akan tetapi perayaan tahun baru Islam yaitu dengan berdoa. 

Walikota Mataram juga membahas musibah gempa yang menimpa Lombok. Dalam sambutanny beliau menjelaskan belum berani mengatakan kepada masyarakat kalau keadaan sekarang sudah aman.

"Saya belum tahu kepastiannya, belum berani mengatakan keadaan sudah aman, saya aja masih was-was”, Jelasnya. 

Dengan adanya musibah gempa ini, Ahyar berharap lewat momentum Tahun Baru 1440 Hijriyah mayarakat Kota Mataram bisa instropeksi diri untuk menjadi yang lebih baik dari tahun kemarin. 

“Allah telah berbicara dengan adanya peristiwa-peristiwa ini, semoga kita semua menjadi lebih baik lagi, kita tetap ingat dengan tugas-tugas kita semua, saat ini masyarakat sedang membutuhkan pelayanan kita”, Harap dan pesan Ahyar Kepada Karyawan dan Karyawati lingkup Kota Mataram. 

Sedangkan uraian hikmah tahun baru Islam 1 Muharram 1440 menghadirkan Ustadz H.Muammar Nasrullah,S.Pd.I. Dengan mengambil materi hikmah musibah gempa yang terjadi akhir-akhir ini. 

Dalam tausiyahnya beliau menjelaskan bahwa musibah pasti datang kepada orang-orang yang beriman, kalau kepada orang yang tidak beriman jatuhnya azab. Musibah merupakan ujian untuk meningkatkan derajat bagi semua.

"Jadi Musibah gempa ini merupakan ujian bagi kita semua, dan semoga kita bisa menghadapi ujian ini dengna baik sehingga naiklah derajat kita”, Jelasnya.

Akan tetapi tidak semua orang di beri ujian oleh Allah, yang diberi ujian hanya orang yang istikhomah kepada Allah. Musibah juga merupakan teguran dari Allah SWT, karena mungkin manusia terlalu lupa terlalu lalai dan mungkin terlalu sombong kepada Allah.

"Kalau dengan gempa ini belum kita tobat lalu bagaimana lagi Allah akan menegur kita, apa harus di datangkan tsunami”, Tambahnya. 

H.Muammar juga menjelaskan bahwa Kota Mataram masih aman terhadap musibah gempa, amannya Kota Mataram bukan karena bangunannya anti gempa akan tetapi Kota Mataram masih religius dan berbudaya.

Musibah itu datang untuk menegur agar kembali kepada Allah, kalau sudah kembali maka balasannya akan lebih baik dari sekedar ini. 

Beliau perpesan bahwa masyarakat Kota Mataram tidak boleh trauma-trauma lagi, mulai sekarang jangan pernah putus sholat dan berdoanya, dan dengan datangnya musibah ini Allah akan memberikan rahmat dan hidayahNya.

"Ayok wujudkan Kota Mataram ini dengan mengisi rumah-rumah Allah, karena tempat kita selamat hanyalah Allah SWT, tingkatkan amal tingkatkan ibadah, insyaallah sudah selamat dari musibah yang menimpa kita”, Ajaknya.

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel