Sekda Buka Rakor Pembangunan Kawasan Perdesaan

NTBOke - Kawasan perdesaan di Kecamatan Utan bernama kawasan perdesaan JASAPRIMA yang mencerminkan produk unggulan yang ada dalam kawsan tersebut yaitu Jagung, Sapi, Padi, Srikaya dan Madu.

Kawasan perdesaan JASAPRIMA Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa sampai dengan saat ini sudah memiliki Tim Koordinasi Pembanguna Kawasan Perdesaan atau TKPKP Kabupaten, TKPKP Kawasan, SK Penetapan Kawasan, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dan Bumdesma. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa, Drs. H. Rasyidi yang membacakan sambutan tertulis Bupati Sumbawa, sekaligus membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pembangunan Kawasan Perdesaan (PKP) Lokasi Kecamatan Utan Tahun 2018, Kamis pagi (4/10) di Aula Madelau ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa. 

Dikatakan, agar program tersebut dapat berjalan dengan sukses dan memberi dampak bagi pengurangan angka kemiskinan di wilayah sekitar, diharapkan segenap stakeholder terkait dapat memberikan dukungan bagi keberhasilan pelaksanaan program PKP tersebut.

"Melalui rakor ini diharapkan dapat menjadi media untuk kita bersama-sama bersinergi mendukung pelaksanaan program tersebut, sekaligus mendiskusikan berbagai pola dan jalinan kemitraan yang dapat dibangun bagi pengembangan Bumdesa Bersama (Bumdema) JASAPRIMA ke depan”, ujar Sekda. 

Kepala Dinas PMD Kab. Sumbawa, Dr. M. Ikhsan Safitri, M.Si. dalam laporannya menyatakan bahwa Program Pembangunan Kawasan Perdesaan ditempatkan di Kecamatan Utan, karena merupakan kecamatan yang jumlah penduduk miskinnya terbanyak, sesuai RPJP Nasional yang menetapkan Kecamatan Utan sebagai salah satu kecamatan Basis Kemiskinan. Kecamatan Utan pada tahun 2014 pernah menjadi salah satu kecamatan Pilot Project dan MP3Ki (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia). 

Dijelaskan lebih jauh, Kecamatan Utan merupakan salah satu lokasi Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) sesuai RPJMNAS tahun 2015-2019, yang direncanakan kecamatan Utan menjadi salah satu lokasi pusat pertumbuhan. Turut hadir pada acara tersebut, Pimpinan OPD Kab. Sumbawa, Camat Utan, Para Kepala Desa dan BPD se Kecamatan Utan. 

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel