Pemkab Sumbawa Gelar Pelatihan SISKEUDES

NTBOke - Dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa menggelar Pelatihan Sistem Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES) pada Senin (2/4/2018) di Hotel Suci Sumbawa Besar. 

Hadir pada kegiatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Kepala DPMD, Kasi Pengelolaan Keuangan Desa DPMD, para perangkat desa dan unsur kantor Camat se-Kabupaten Sumbawa. 

Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan pelatihan SISKEUDES yang diselenggarakan oleh DPMD ini tidak terlepas dari rangkaian pembangunan daerah dan bangsa, yakni dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik, menuju Sumbawa Hebat dan Bermartabat. 

Disampaikan pula bahwa dewasa ini perhatian negara kepada desa demikian kuat. Hal ini terwujud secara konkrit melalui pengalokasian Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula, yang harus sejalan dengan kemampuan desa untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif. 

“Pemberian dana ke desa yang begitu besar, jumlah pelaporan yang beragam serta adanya titik-titik kritis dalam pengelolaan keuangan desa, tentunya menuntut tanggung jawab yang besar pula oleh aparat pemerintah desa” sebut Bupati.

Bupati mengingatkan bahwa untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel, para aparatur desa harus memiliki pemahaman atas peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya, serta memiliki kemampuan untuk melaksanakan administrasi pembukuan dan pelaporan. 

“Besarnya dana yang harus dikelola jangan sampai menjadi bencana, khususnya bagi aparatur pemerintah desa. Begitu juga banyaknya fenomena pejabat daerah yang tersangkut kasus hukum, jangan sampai terulang kembali dalam skala pemerintahan desa” tegas Bupati.

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Sumbawa, Dr. M. Ikhsan Safitri, M.Si dalam laporannya menyebutkan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan pelatihan SISKEUDES adalah DPA Dinas PMD Tahun Anggaran 2018 pada Program Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 144.488.700. Tujuan pelaksanaan kegiatan yakni untuk melahirkan perangkat desa yang memiliki integritas dan kapabilitas dalam proses pengelolaan keuangan desa secara transparan, akuntabel dan partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Adapun peserta pelatihan terdiri dari perangkat desa yang bertugas sebagai operator aplikasi SISKEUDES dan satu orang dari unsur kantor Camat yang berasal dari Tim Evaluasi APBDes se-Kabupaten Sumbawa. 

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel