Bupati : FKUB Wadah Memelihara Toleransi

NTBOke - Bupati Sumbawa yang diwakili Kepala Badan Kesbangpoldagri Kab. Sumbawa, H. Yahya Adam, BA membuka secara resmi Acara Fasilitasi, Koordinasi, dan Pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sumbawa Tahun 2018, yang bertemakan “Dengan Jiwa Dan Semangat Persahabatan Kita Pelihara Toleransi Dan Kerukunan Kehidupan Antar Umat Beragama Menuju Sumbawa Yang Hebat Dan Bermartabat Serta Sukseskan Pilpres Dan Pileg 2019”, pada Rabu pagi (12/12) bertempat di aula pertemuan kantor Badan Kesbangpoldagri, yang diikuti oleh para Tokoh Agama se Kabupaten Sumbawa.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati mengatakan bahwa Indonesia dikenal oleh dunia luar dengan istilah negara yang plural atau majemuk. Indonesia juga dikenal sebagai bangsa yang religius dan berbudaya, sehingga sudah semestinya rakyat Indonesia menerapkan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, agar bangsa menjadi tenteram, aman dan harmonis. Dikatakan, sejak dulu kita sudah dikenalkan dengan  nilai-nilai Pancasila, sebuah nilai yang menjadi pandangan hidup dan mengatur berbagai aspek mulai dari nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, nilai keadilan maupun nilai-nilai positif lainnya.  

Dijelaskan, meskipun dunia mengakui kemajemukan Indonesia, namun pada kenyataannya masih terjadi pertikaian di sana-sini. Hal tersebut tentu akan mencoreng nama Indonesia di mata dunia yang sudah dikenal sebagai bangsa majemuk. Bupati lebih jauh menjelaskan, bahwa menjaga kerukunan dan persatuan antar semua komponen bangsa sangat diperlukan untuk menyukseskan Pilpres dan Pileg tahun 2019. Menciptakan rasa damai dan aman dalam kehidupan bermasyarakat sangat penting, mengingat dalam Pilpres dan Pileg, dinamikanya semakin tinggi. 

Diakhir sambutan, Bupati berharap Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Sumbawa dapat terus memantapkan perannya di tengah masyarakat, menjadi jembatan dan wadah dalam memelihara toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai konflik sosial dalam masyarakat. 

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel