IKIP Mataram Wisuda 636 Mahasiswa

IKIP Mataram Wisuda 636 Mahasiswa
NTBOke - IKIP Mataram pada Rabu 12 Desember 2018 menggelar Wisuda Program Magister Pendidikan dan Sarjana Pendidikan Periode I Tahun akademik 2018/2019 di Hotel Lombok Raya, Mataram.

Acara wisuda dihadiri oleh Gubernur NTB diwakili oleh Kepala Biro Kesra Ahmad Masyhuri, ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram H.L. Rusmiady, SH.,MM, Pengawas Yayasan Drs. H.L. Mujitahid, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Flores Timur Bernadus Beda Keda, Pimpinan PTS se-Kota Mataram, Lembaga Mitra IKIP Mataram, serta Keluarga Wisudawan.

Ketua Panitia Wisuda Dra. Ni Ketut Alit Suarti, M.Pd mengungkapkan bahwa mahasiswa yang di wisuda berjumlah 636 orang. Dengan rincian Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 158 orang, Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA (FPMIPA) 121 orang, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) 259 orang terdiri dari wisudawan mahasiswa reguler 137 orang dan mahasiswa program sarjana kependidikan guru dalam jabatan (PSKGDJ) 122 orang, Fakultas Pendidikan bahasa dan seni (FPBS) 98 orang terdiri dari jenjang S1 96 orang dan jenjang S2 2 orang. 

“Dari total jumlah wisudawan sebanyak 64 orang lulus dengan predikat cumlaude (Dengan Pujian), dan Peraih IPK Tertinggi atas nama Hifzani Nurwanti dari Program studi Pendidikan Kimia dengan IPK 3,84.” Ujarnya.

Rektor IKIP Mataram Prof. Kusno, DEA.,Ph.D dalam sambutannya memaparkan tentang perkembangan kebutuhan pendidikan di masa depan sesuai dengan revolusi industri 4.0. 

IKIP Mataram sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan terus mempersiapkan dan menyiapkan diri dalam menghadapi perkembangan zaman khususnya dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebagai institusi yang terakreditasi B dari BAN PT, IKIP Mataram secara konsisten melakukan upaya peningkatan kualitas SDM dan pelayanan. Pelatihan untuk dosen dan karyawan melalui program ASUH Ristekdikti dan secara mandiri terus dilakukan sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman sehingga diharapkan dengan peningkatan kualitas SDM akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan di kampus. 

Begitu pula dengan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terus mengalami kemajuan secara kualitas dan kuantitas sehingga untuk PTS di NTB IKIP Mataram menjadi salah satu rujukan bagi  PTS lainnya.

Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram H.L. Rusmiady mengapresiasi perkembangan IKIP Mataram yang secara kontinyu membangun sistem sehingga Sistem Organisasi dan Tata Kerja, sistem pelayanan, kualitas dosen dan karyawan semakin menunjukkan kemajuan yang sangat berarti. 

“Hal ini terbukti dengan peringkat Akreditasi IKIP Mataram yaitu B dari BAN PT”.

Tokoh Lombok yang banyak berkiprah di tingkat nasional ini menyampaikan bahwa Yayasan mulai tahun 2018 telah menyediakan beasiswa untuk siswa berprestasi yang ingin melanjutkan studi di IKIP Mataram dalam berbagai bidang seperti Tahfiz AlQuran, Juara  Olahraga. 

Dan kebijakan pemberian beasiswa prestasi tersebut berlanjut pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2019. Bagi yang mau berprestasi atau meningkatkan prestasi mari kuliah di kampusnya mahasiswa berprestasi, ajaknya penuh semangat.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Flores Timur Bernadus Beda Keda mewakili Pemerintah Daerah Flores Timur menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada  IKIP Mataram yang bersedia bekerjasama dalam membantu peningkatan kualitas guru olahraga di Flores Timur melalui Program Sarjana Kependidikan Guru dalam Jabatan (PSKGDJ). 

“Di wisuda  ini 111 guru olahraga Flores Timur di tambah 11 dari Kabupaten Lembata oleh karenanya saya sampaikan selamat semoga gelar kesarjanaan dapat menjadi pemacu semangat untuk semakin meningkatkan kualitas diri dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kami berharap kerjasama dengan IKIP Mataram dapat terus berlanjut dalam program kegiatan lainnya”.

Karo kesra Setda provinsi NTB Ahmad Masyhuri  dalam sambutannya mewakili gubernur menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan beserta keluarga dan terima kasih kepada  IKIP Mataram  yang telah berperan aktif membantu program pemerintah Provinsi NTB melalui pendidikan dalam bidang peningkatan  kualitas SDM masyarakat NTB. 

Dihadapan ribuan hadirin, Pak Masyhuri menyampaikan berbagai informasi terkait dengan program gubernur dalam bidang pendidikan, seperti 1000 beasiswa untuk pemuda-pemudi NTB yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dan mengajak secara langsung kepada Mahasiswa yang di wisuda untuk memanfaatkan peluang emas tersebut.

“Kita dari pemprov NTB sudah mulai konsisten mengirim seribu mahasiswa pertahun, semua berkesempatan yang sama,” tegasnya.

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel