Penutupan Gala Desa Piala MENPORA RI 2018

NTBOke - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi menutup secara resmi Gala Desa Kabupaten Sumbawa Piala Menpora RI 2018 pada Senin pagi (17/12) di GOR Mampis Rungan Sumbawa. 

Acara yang diawali dengan penampilan “Ngumang” dan Tarian Baralu’ yang dipersembahkan oleh siswa-siswi SMPN 1 Sumbawa Besar tersebut turut dihadiri oleh Kasubbit Pemahaman Industri di ASDEP Peningkatan Kapasitas Pemuda pada Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, perwakilan Forkopimda, pimpinan OPD, Camat.

Sekda menyampaikan, terima kasih dan mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini, karena selain sebagai wahana menambah kebugaran dan kesehatan masyarakat, juga sebagai ajang mencari bibit-bibit atlet usia dini dari seluruh kalngan masyarakat di pelosok desa yang berpotensi dijadikan atlet profesional milik Indonesia.

Diharapkan dapat menjadi ajang pembinaan para atlet agar dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki sekaligus sebagai ajang untuk mengembangkan bakat generasi muda yang memiliki hobi di bidang olahraga.

Disampaikan, olahraga memiliki arti penting bagi upaya mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. “Daerah yang memiliki reputasi baik dalam bidang olahraga, maka hal itu juga mencerminkan bahwa daerah tersebut memiliki SDM yang handal, sehingga dukungan semua pihak dalam mengembangkan dunia olahraga akan sangat bermakna bagi peningkatan daya saing daerah. Saya percaya, di dalam badan yang sehat, akan terlahir jiwa yang sehat, jika kita memajukan olahraga dengan mengaktifkan badan, maka akan tercipta manusia yang produktif, kompetitif, dan mampu memberikan semangat bagi pembangunan di segala bidang,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasubbit Pemahaman Industri di ASDEP Peningkatan Kapasitas Pemuda pada Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Dr. Burhanuddin Lutfi, M.Pd menyampaikan selamat kepada para juara yang telah berhasil memenangkan pertandingan. 

“Semoga kesuksesan ini dapat memberi motivasi bagi peningkatan kualitas olahraga di masa mendatang. Sumbawa gudangnya atlet, oleh karena itu event-event seperti ini harus terus digalakkan dan dibudayakan, anak-anak harus belajar cara hidup sehat, makan sehat, dan istrirahat teratur, dan jangan pernah kenal narkoba, sehingga anak-anak dapat berprestasi mengharumkan nama keluarga, di tingkat Provinsi, Nasional, bahkan Internasional,” ucapnya. 

Sebelumnya Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Ir. H. Junaidi, M.Si melaporkan kegiatan Gala Desa telah terlaksana dengan baik, walaupun di sela-sela kegiatan, panitia disibukkan dengan persiapan dan pelaksanaan Porprov yang telah berlangsung sejak tanggal 9 sampai dengan 16 Desember 2018, dan Kabupaten Sumbawa berhasil mendapatkan peringkat II dengan perolehan 146 medali, terdiri dari 44 emas, 40 perak, dan 62 perunggu. Kemudian dalam pelaksanaan Gala Desa telah melahirkan bibit-bibit atlit dari desa-desa yang akan dibina untuk memperkuat tim olahraga Kabupaten Sumbawa dimas-masa akan datang.

Dalam acara tersebut juga diserahkan hadiah berupa piala, piagam dan hadiah pembinaan bagi para juara. Adapun pemenang antara lain untuk cabor Atletik untuk lari 60 Meter putra juara 1 berhasil diraih oleh Riki Saputra siswa SMPN 2 Lab. Badas, Lempar Lembing putri berhasil diraih oleh Niken Ayu siswi SMPN 2 Lab. Badas, Tolak Peluru putra berhasil diraih oleh M. Asy Aryasuni Siswa SMAN 1 Alas, Lompat Jauh putri berhasil diraih Nabila Salsabila Siswi MAN 1 Sumbawa.

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel