Puncak Peringatan Hari Ibu Ke - 90

NTBOke - Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana menghadiri acara Puncak Peringatan Dan Tasyakuran Hari Ibu Ke - 90 Kota Mataram yang bertempat Panti Jompo Werdha dengan tema "Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan laki- laki dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa", Kamis (20/12/18). 

Acara tersebut juga dihadiri oleh sekretaris Daerah Kota Mataram Effendi Eko Saswito, Sesepuh Organisasi Wanita Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh, Ketua Gabungan Organisasi Kota Mataram Kinnastri Mohan Roliskana, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Mataram Herlina Effendi Eko Saswito, dan Sesepuh Wanita Kota Mataram Hj. Kerniasih Mudjitahid. 

Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana dalam sambutan menjelaskan momentum Hari Ibu merupakan momentum yang penting untuk mengevaluasi setiap organisasi wanita, mengevaluasi peran - peran dan seluruh kegiatan - kegiatan yang dilaksanakan, melihat relevansinya pada kebutuhan saat ini, dan melihat kemanfaatannya bagi kegiatan - kegiatan sosial kemasyarakatannya. 

Selain itu Mohan juga mengatakan bahwa Perayaan Hari Ibu tidak hanya sebagai perayaan simbolik tentang rasa kasih sayang kepada Ibu, akan tetapi ada makna Patriotik di dalamnya, yaitu bagaimana wanita bisa mengingat perjalanan sejarah rekam jejak para wanita - wanita hebat pada zaman revolusi. 

Mengenai Tema yang di usung dalam Peringatan Hari Ibu ke 90, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana menjelaskan bahwa sekarang sudah ada pergeseran cara pandang terhadap wanita, wanita dituntut untuk bisa mengambil peran dan peluang yang sama dengan laki - laki, akan tetapi peran yang hakiki dan sangat mendasar tentu tidak bisa di abaikan. 

Wanita adalah sebagai motivator keluarga, wanita sebagai sumber kasih sayang, wanita sebagai lembaga yang membentuk karakter anak, wanita sebagai manager keuangan keluarga, dan wanita menjadi mitra dan pendamping lelaki yang memberikan saran dan masukan kepada laki - laki. 

"Doa kita kepada seluruh para papuq dan inaq kita yang ada di Balai Sosial Lansia ini supaya beliau tetap diberi kesehatan, diberi suasana kebahagiaan, serta tetap di berikan tempat di hati para keluarga", Kata  Mohan di akhir sambutannya. 

Sedangkan dalam sambutannya Ibu Ketua GOW Kota Mataram Kinnastri Mohan Roliskana menjelaskan bahwa Peringatan Hari Ibu kali ini berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya, karena ingin sesuatu yang berbeda dan juga baru saja Kota Mataram mendapatkan musibah gempa, tidak ada salahnya untuk mengingat kembali melalui silaturahmi dengan para winisepuh yang ada di Balai Sosial Lansia. 

"Mudah - mudahan ini semua nanti akan menjadi salah satu jalan ibadah kita bersama", Jelas Kikin.  

Kinnastri juga mengatakan ketika kemarin mendapat musibah gempa, Ibu - ibu yang tergabung dalam GOW Kota Mataram secara spontan sudah turun ke setiap penjuru yang ada di Pulau Lombok. 

"Program - program yang dilaksanakan insyaallah akan kami lanjutkan dan tidak akan berhenti sampai disini saja, meskipun dengan anggaran yang sangat terbatas akan tetapi semangat para ibu - ibu sangat luar biasa ", Tambahnya.  

Berbicara mengenai Tema Peringatan Hari Ibu Ke 90, Ketua GOW Kota Mataram mengatakan bahwa Program - Program GOW kedepannya harus berdasarkan dengan tema tersebut, dimana tema ini merupakan salah satu sasaran dari Sustainable Development Goals (SDGs), kalau beberapa tahun yang lalu MDGs yang masih 8 program tapi sekarang PBB sudah menetapkan ada 17 Program yang harus dirasakan oleh setiap manusia di dunia. GOW Kota Mataram di bawah naungan DP3A akan terus melaksanakan 17 sasaran yang ditetapkan SDGs tersebut, dan dengan semangat kebersamaan akan terus meningkatkan peran wanita juga laki - laki di dalam meningkatkan ketahanan keluarga dan juga kesejahteraan bangsa. 

"Selamat Hari Ibu dan semoga Ibu - ibu Kota Mataram selalu Move On", Ucap Ketua GOW Kota Mataram.    

Dalam laporan Ketua Panitia yang dibacakan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Mataram Herlina Eko Saswito menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Mataram sudah melaksanakan berbagai rangkaian Peringatan Hari Ibu Ke 90. Di awali dengan pengajian umum, melaksanakan Sosialisasi Parenting Keluarga, Melaksanakan Bhakti Sosial Dan Layanan Kesehatan Gratis bagi lansia dan kaum dhuafa, mengadakan lomba gembira, dan hari ini merupakan puncaknya yaitu Tasyakuran Hari Ibu. 

"Mudah - mudahan rangkaian kegiatan dan pelaksanaan Hari Ibu tahun ini dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi kaum perempuan yang ada di Kota Mataram", Harap Ibu Ketua Dharma Wanita Kota Mataram.

Tasyakuran Hari Ibu di lanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua GOW Kota Mataram Kinnastri Mohan Roliskana serta penyerahan cinderamata dan Hadiah Lomba.

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel