Wabup Buka Rapat Pemutakhiran Data Inspektorat

NTBOke - Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah membuka secara resmi Rapat Pemutakhiran Data Tidak Lanjut Hasil Pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Sumbawa Tahun 2018, Senin pagi (17/12) di Aula Kantor Inspektorat Kabupaten Sumbawa. Turut hadir pada rapat tersebut, Pimpinan OPD, unsur kecamatan, puskesmas, sekolah serta para Kepala Desa se Kabupaten Sumbawa.

Disampaikan Wakil Bupati, bahwa kegiatan pemutakhiran data pada hakekatnya merupakan suatu upaya untuk mengetahui sejauh mana langkah-langkah yang telah diambil pimpinan unit kerja/instansi obyek pemeriksaan, dalam menindaklanjuti temuan/rekomendasi hasil pemeriksaan, terutama indikasi kerugian Negara atau kewajiban setor kepada Negara atau daerah. 

Dijelaskan, penyelenggaraan pemerintah pada hakekatnya tidak terlepas dari prinsip-prinsip manajemen modern, dimana fungsi-fungsi organik manajemen yang meliputi : perencanaan, melekat fungsi pengawasan preventif; pelaksanaan, melekat fungsi pengawasan cross check and balances; evaluasi, melekat fungsi pengawasan refresif. 

Diakhir sambutan, Wabup meminta komitmen para pimpinan OPD untuk mendukung dan menerima seluruh kegiatan pengawasan tersebut dengan baik, dan kepada Inspektorat untuk lebih meningkatkan kemampuan diberbagai aspek, baik pengorganisasian, sumber daya personil, dan metode kerja, guna mewujudkan kinerja yang sesuai harapan masyarakat.

Sebelumnya, Inspektor Kab. Sumbawa Drs. H. Hasan Basri menyatakan, rapat pemutakhiran data sangat penting dalam rangkaian proses kegiatan pengawasan, karena hasil pengawasan tanpa tindak lanjut adalah suatu yang sia-sia. Disampaikan, adapun tujuan dan maksd rapat tersebut adalah untuk mengevaluasi sejauh mana hasil pengawasan yang sudah atau belum ditindaklanjuti dan penyempurnaan pekerjaan, perbaikan pekerjaan atau belum sesuai temuan yang tercantum dalam Laporan Hasil Pemeriksaan. 

Dikatakan, di tahun 2018 kinerja auditor Inspektorat Kab. Sumbawa mengalami peningkatan, baik secara kwantitas laporan hasil pemeriksaan maupun kualitas hasil pemeriksaan. Hasil pemeriksaan terkait pemeriksaan dengan tujuan tertentu terhadap pengelolaan keuangan desa, kerjasama dengan BPK Perwakilan NTB menjadi bukti peningkatan kwalitas Auditor Inspektorat Kab. Sumbawa. 

Penulis : TIM
Publikasi : Admin

Posting Komentar

Apa reaksimu? silahkan berkomentar. Bebas tapi sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel